Sunday 4 October 2015

Tutorial dasar GameMaker : Studio

Tutorial Dasar

Tutorial GameMaker : Studio, tutorial kali ini mengenai pengenalan-pengenalan awal kalian terhadap GameMaker : Studio. Di dalam tutorial ini mencangkup Sprite, Object, Room, dan Background, ini merupakan fitur dasar dalam GameMaker : Studio yang harus dipahami oleh karena itulah, saya membagikan tutorialnya.

Apa itu Sprite?

Sprite adalah Grafik Video Game atau biasa disebut 2 dimensional gambar grafik atau animasi dalam memori bitmap video game. Sprite mengintergrasikan gambar video game menjadi tersatu dan mengkolaborasikan bitmap dengan animasi jika gambar tersebut bergerak.

Awal mula sprite tercipta pada tahun 1970 Signetics memperkenalkan video prosessor untuk generating sprite. The signetics 2636 video prosesor digunakan pertama kali di tahun 1976.

Sprite yang ada di GameMaker : Studio bisa digunakan di 2 jenis dimensi sekaligus yaitu 3 dimensional dan 2 dimensional, dengan kode-kode script khusus yang harus dipahami agar menjadi tampilan 3 dimensi yang lebih bagus.
Sumber: Wikipedia

Apa itu Object?

Object dalam istilah video game mungkin tidak dapat diterjemahkan ke dalam suatu arti yang khusus dan kuat tapi di dalam GameMaker : Studio, Object adalah induk dari sprite yang bisa menambahkan event atau kreasi terhadap aktifitas event sendiri. Di dalam Object kita bisa menambahkan event Create, berjalan, melompat, memutar lagu/sound, score, darah/live, dan masih banyak lagi. 


Apa itu Room?

Room di dalam GameMaker  adalah tempat memulainya semua isi game yang sudah dikreasikan event-event dan sudah siap untuk dicompile/dijalankan. Tanpa room game tidak dapat dijalankan karena itu sobat harus membuat room terlebih dahulu agar game buatan sobat bisa lancar dijalankan, kolaborasi antara object dengan event tertentu membuat game dapat dijalankan dan dengan room juga pastinya.

Apa itu Background?

Kalau yang ini pasti kalian semua sudah pada mengetahuinya dengan pasti ya ini adalah sebuah gambar yang melatar belakangi suatu objek tertentu.

Ok sekian penjelasan dari saya mengenai GameMaker : Studio, sudah pastinya sobat harus mengetahui langkah dasar ini untuk melanjutkan ke langkah berikutnya agar lebih mudah. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak