Monday 5 October 2015

GameMaker : Studio Tutorial Android

GameMaker : Studio Tutorial Android

Tutorial yang kali ini saya bagikan adalah tutorial membuat Game Android menggunakan software GameMaker : Studio, untuk kalian yang masih belum mengerti apa-apa silahkan sobat periksa Tutorial Dasar GameMaker : Studio, yang di dalamnya terangkum mengenai Sprite, Object, dll agar membuat game kedepannya menjadi lebih mudah.

Membuat Game Android memang diperlukan keahlian khusus yaitu dalam kode, animasi, dan objek objek tertentu yang di dalamnya dapat dimuatkan ke dalam hal yang tercangkup ke dunia game. Saya membagikan cara membuat game di Android ini agar kalian semua bisa memahami struktur-struktr dalam GameMaker : Studio termasuk fitur module android.

GameMaker : Studio sebenarnya tidak hanya menyediakan Module untuk Android tetapi di dalamnya terdapat juga IOS, Playstation4, Xbox, Linux, Mac, Windows, dan lain-lain. Semua Operating System (OS) terkenal yang menyediakan fitur untuk menambahkan games sudah termasuk ke dalam GameMaker : Studio. Sungguh menarik bukan? Bagi kalian yang masih belum mengetahui bisa baca Apa itu GameMaker : Studio? Jika sudah paham dan tau GameMaker : Studio bisa sobat unduh untuk membuat game.

Oke sebelumnya saya ingin memberitahukan terlebih dahulu kepada kalian tentang Apa itu Android?
Android adalah operating system yang dipelopori oleh perusahaan besar Google juga didasari oleh linux kernel. Android didesain penuh untuk menjadikan device phone menjadi lebih menarik dengan nama panggilan "Smartphone" ya dari namanya kita semua sudah mengenali pastinya dong handphone yang sangat canggih dan pintar. Dalam memainkan layar Android sobat hanya perlu menyentuh bagian-bagian layar tentenu.

Tutorial membuat Game Android part 1

Tutorial kali ini mencangkup tentang permulawaan awal dan ini bersifat umum. Tanpa pengetahuan di sini kalian tidak akan bisa membuat game Android karena di tutorial kali ini saya membahas tentang Java JDK, Android SDK, Android NDK.

Tentang Java SE Development Kit atau biasa disebut (JDK) adalah sebuah tool yang diciptakan perusahaan Oracle untuk mengembangkan suatu aplikasi yang mendedikasikan variabel tertentu di dalam aplikasi java itu sendiri. Download Java JDK

Tentang Android SDK, Android sdk merupakan singkatan dari Android Software Development Kit yang diartikan Software pengembangan developer Android, ini dikuhuskan bagi kalian semua yang ingin menciptakan aplikasi atau games.  Download Android SDK

Tentang Android NDK merupakan singkatan dari Android Native Development Kit adalah sebuah tool yang memperbolehkan kita semua untuk memprogram C/C++ untuk Android OS. Ini dimaksudkan untuk mengintergrasikan dengan SDK jadi bisa disimpulkan bahwa NDK adalah pendamping alat SDK yang sangat penting dan dibutuhkan bagi developer Android Device. Download Android NDK


Tutorial Membuat Game Android Part 2

Tutorial kali ini membahas tentang touchpad kontrol, atau kontrol sentuhan terhadap objek pemain utama dan settingan preferensi serta pengeksplorasi Tools Development Kit yang dibutuhkan untuk membuat game Android adalah sebagai berikut.
  • Android SDK
  • Android NDK
  • Java JDK
Membuat game Android di dalam partisi 2 ini videonya cukup panjang hingga memakan waktu 40 menit dikarenakan kode yang berhubungan dengan objek dan lain-lain termasuk dalam kategori menengah-sulit. Berikut ini adalah kode yang sudah dirangkum dan tercatat sebagai kode yang panjang juga sulit.

Kode Resolusi script general:
var base_w = 640; var base_h = 480; var norm_w = 640; var norm_h = 480; var max_w = 640; var max_h = 480; if os_type == os_windows || os_type == os_macosx || os_type == os_linux && os_browser == browser_not_a_browser { var aspect = window_get_height() / window_get_width(); if aspect < norm_w / norm_h { VIEW_HEIGHT = norm_h; VIEW_WIDTH = norm_h / aspect; } else { VIEW_HEIGHT = norm_w * aspect; VIEW_WIDTH = norm_w; } window_set_size(max_w, max_h); display_set_gui_size(max_w, max_h); } else { if display_get_width() > display_get_height() { display_set_gui_size(display_get_width(), display_get_height()); var aspect = display_get_height() / display_get_width(); } else { display_set_gui_size(display_get_height(), display_get_width()); var aspect = display_get_width() / display_get_height(); } if aspect < base_h / base_w { VIEW_HEIGHT = base_h; VIEW_WIDTH = base_h / aspect; } else { VIEW_HEIGHT = base_w * aspect; VIEW_WIDTH = base_w; } max_w = VIEW_WIDTH; max_h = VIEW_HEIGHT; } if os_browser == browser_not_a_browser { var i=true; var rm=room_next(room); while (i = true) { room_set_view(rm, 0, true,(norm_w - VIEW_WIDTH) div 2, (norm_h - VIEW_HEIGHT) div 2, VIEW_WIDTH, VIEW_HEIGHT, 0, 0, max_w, max_h, 0, 0, -1, -1, -1); room_set_view_enabled(rm,true); if rm = room_last { i = false; } else { rprev = rm; rm = room_next(rprev); } } } else { var i=true; var rm=room_next(room); while (i = true) { room_set_view(rm, 0, true,(max_w - max_w) div 2, (max_h - max_h) div 2, max_w, max_h, 0, 0, max_w, max_h, 0, 0, -1, -1, -1); room_set_view_enabled(rm,true); if rm = room_last { i = false; } else { rprev = rm; rm = room_next(rprev); } } }

Kode untuk objek player pada event Step:

///Player Movement if go { var i, move_check, h_spd, v_spd; //Base speed vars h_spd = 0; v_spd = 0; //Check keys if keyboard_check(global.Up) v_spd -= spd; if keyboard_check(global.Down) v_spd += spd; if keyboard_check(global.Right) h_spd += spd; if keyboard_check(global.Left) h_spd -= spd; //Now move the instance "virtually" while checking for collisions //First the horizontal check for (i = abs(h_spd); i > 0; i -= 1;) { move_check = sign(h_spd) * i; if !place_meeting(x + move_check, y, obj_Wall) {x += move_check; break;} //no collision on full speed so break the loop and move the instance if !place_meeting(x + move_check, y - i, obj_Wall) y -= (i / 2); if !place_meeting(x + move_check, y + i, obj_Wall) y += (i / 2); } //The vertical check for (i = abs(v_spd); i > 0; i -= 1;) { move_check = sign(v_spd) * i; if !place_meeting(x , y + move_check, obj_Wall) {y += move_check; break;}//no collision on full speed so break the loop and move the instance if !place_meeting(x - i,y + move_check, obj_Wall) x -= (i / 2); if !place_meeting(x + i,y + move_check, obj_Wall) x += (i / 2); } }

Tutorial video akan segera dibuatkan. :)

Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak