Sunday 4 October 2015

Apa itu GameMaker : Studio?

GameMaker Studio
GameMaker : Studio Logo
GameMaker Studio adalah software yang diciptakan oleh YoYo Games dan ditujukan untuk membuat game. GameMaker : Studio merupakan rilisan queue atau tingkatan dari GameMaker versi sebelumnya yaitu GameMaker 8.

Di dalam GameMaker : Studio terdapat banyak sekali fitur-fitur yang canggih berbeda dengan versi yang sebelumnya yaitu GameMaker 8 yang fiturnya sedikit dan tampilannya kurang menarik, Kini di GameMaker : Studio kalian akan terasa lebih nyaman untuk masalah fitur tidak akan kalah dengan software yang lainnya mulai dari sprite, object, room, script, path, text, timeline, dan masih banyak lagi. Tampilan dari GameMaker : Studio juga bisa dikatakan menarik gaya modern namun sederhana.

GameMaker : Studio sebenarnya merupakan software berbayar akan tetapi Publisher serta developer software itu sendiri memberikan versi gratisnya yaitu versi demo (Standard Edition) yang bisa di download melalui website resmi dan juga melalui Steam.

Fitur GameMaker : Studio Professional

Fitur GameMaker : Studio Professional banyak namun berbayar, salah satu di antaranya adalah;
  1. Bisa mendapatkan module Android untuk menciptakan game Android.
  2. Mendapatkan module IOS untuk menciptakan game Android.
  3. Module PlayStation 4.
  4. Module Xbox 360/Xbox One.
  5. dan lain-lain.
Ya, GameMaker : Studio Professional merupakan versi berbayarnya fiturnya juga menarik, di atas tingkatan GameMakre : Studio terdapat lagi tingkatan yang paling atas kedudukannya yaitu GameMaker : Studio Master Collection yang semua fiturnya lengkap terbuka namun harganya cukup tinggi bisa mencapai kisaran 10 Juta di Steam.

Bagaimana Cara Membuat Game di GameMaker : Studio?

Membuat game di GameMaker : Studio sebenarnya mudah-mudah sulit, untuk game klasik seperti ular tangga, ataupun yang lainnya mungkin akan lebih mudah membuatnya di GameMaker : Studio. Yang terpenting adalah kita harus memahami semua struktur kode ataupun Event dalam GameMaker : Studio seperti Sprite, Sound, Background, Path, Timeline, Text, Object, Room, Shaders, dan Ekstensi.

Bagaimana alunan struktur kode GameMaker : Studio?

Sobat pasti bertanya apakah GameMaker : Studio kodenya berupa C#, PHP, ataupun HTML? Berarti sobat salah. GameMaker memprogram semua struktur kodenya berasal dari GameMaker : Studio itu sendiri, format yang digunakan dalam memprogram source code GameMaker : Studio adalah GML (GameMaker Language).

Penutup

Oke sekian penjelasan dari saya mengenai GameMaker : Studio, sobat yang sangat tertarik sekali dalam membuat game ciptaan sendiri bisa mengunduh GameMaker : Studio di situs resminya dan bagi kalian yang masih bingung dalam kode-kode dalam GameMaker : Studio bisa komentar di bawah sini.

1 comments:

  1. Sangat bermanfaat sekali sih, njir ini kan blog gua ya.

    Tapi guud lah mari kita ke info beasiswa

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak